Kriwul Blog

blog, wordpress, template, blogger, tips trik, internet, bisnis online, blogger, blogspot,tutorial blog, teknologi, news, free download, free download template.

Tips memilih laptop sesuai kebutuhan

Monday, June 8, 2009

Ketika akan membeli Laptop, ekpetasi yang timbul adalah bagaimana mendapatkan laptop yg mempunyai value yang pantas dengan harga yang dibayar. Namun, setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda2.

Bagaimana mendapatkan laptop yg sesuai kebutuhan?
Memilih laptop yang tepat hampir sama dengan memilih jodoh (bagi anda yg diberi kesempatan untuk memilih. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, dan ada faktor yang dapat disampaikan. Berikut penjelasan faktor2 dalam kebutuhan:

Processor
Kinerja processor menentukan kecepatan laptop menjalankan aplikasi dan on-screen task. Core Duo dan Core 2 Duo merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, teknologi yang dimiliki processor juga menentukan daya tahan baterai karena setiap tipe processor mempunyai konsumsi daya yang berbeda. Processor dengan platform centrino memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan platform lainnya. Komponen ini dapat di upgrade.

System Memory (RAM)
Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan secara serentak. Untuk menjalankan Windows XP, RAM dengan kapasitas 512 MB cukup memadai. Windows Vista? Gunakan RAM 2 GB. Komponen ini dapat di upgrade.

Hard Drive
Harddrive menunjukkan kapasitas data yang dapat disimpan. Harddrive merupakan komponen kedua yang boros dalam mengkonsumsi daya. Hal ini dikarenakan harddrive memiliki motor penggerak yang membutuhkan arus yang besar. Selain itu, rotasi permenit (rpm) dari harddrive menentukan seberapa cepat data yang diakses dari harddrive. Semakin besar rpm yang dimiliki harddrive, semakin berisik suara yang ditimbulkan (konsumsi daya baterai juga menjadi besar). Sebaiknya, pilih harddrive dengan rpm dibawah 7200 rpm. Komponen ini dapat di upgrade.

Dimensions
Ukuran dari laptop menentukan nilai mobilitasnya. Umumnya, ukuran dari laptop ditentukan dari panjang diagonal layarnya. Semakin besar ukurannya (15 inci keatas), maka semakin susah untuk menjadikan laptop sebagai teman dalam perjalanan karena ukurannya besar dan memiliki berat yang kurang bersahabat. Sebaliknya, laptop yang terlalu kecil juga mempunyai kekurangan dalam kenyamanan. Laptop dengan ukuran layar 12 inci kebawah memiliki keyboard berukuran mini dan huruf layar yang kecil. Umumnya, laptop berukuran kecil mengeluarkan panas yang lebih tinggi.

Graphics Processor (GPU)
Ada dua jenis video chipset pada laptop, yaitu dedicated dan integrated. Jenis dedicated (umumnya berasal dari nVidia dan ATi) terpisah dari CPU (separate preinstalled) dan integrated (berasal dari intel) bersifat terintegrasi dengan CPU. GPU dedicated memiliki kinerja yang lebih baik daripada integrated karena dedicated GPU tidak membebani prosesor. Untuk pengguna gamer, disarankan memilih laptop dengan GPU bersifat dedicated. Komponen ini tidak dapat di upgrade.

Battery
Daya tahan baterai menentukan portabilitas laptop. Umumnya, kinerja laptop ditentukan dari jumlah cell yang dimilikinya (atau total kapasitas penyimpanan dalam satuah mAH).

Communication Device
Peralatan komunikasi juga menentukan mobilitas dan portabilitas. Peralatan komunikasi yang lengkap (WiFi a/b/g, Serial Port, MMC slot, Bluetooth, Ethernet LAN, Modem, USB 2.0 Port, infrared) dibutuhkan oleh pengguna kantoran yang bersifat mobile dan memerlukan koneksi jaringan.

Bagaimana memilihnya?
Tentukan jenis kebutuhan penggunaan laptop (game, mobile, home, work). Tabel berikut menunjukkan faktor2 yang harus dipertimbangkan sesui kebutuhan penggunaan.

Deskripsi pengguna:
Game
Pengguna ini menggunakan laptop sebagai ‘gadget hiburan’ pengganti PC. Kebutuhan utama terletak pada kebutuhan menjalankan aplikasi game. Karena tidak bersifat mobile dalam penggunaan laptop, faktor baterai dan dimensions dapat diabaikan dalam pertimbangan.

Mobile
Pengguna ini menggunakan laptop sebagai sekretaris pribadi dan alat komunikasi utama ketika berada jauh dari kantor atau rumah. Aplikasi Office dan Internet Browser merupakan aplikasi yang sering digunakan.

Home (Small Bussiness)
Pengguna ini menganggarkan budget yang minim dalam membeli laptop mengingat kebutuhannya sebatas browsing dalam waktu yang lama, mengedit dalam aplikasi office dan pekerjaan rutin komputasi ringan lainnya. Mahasiswa kebanyakan merupakan contoh pengguna ini.

Work
Pengguna ini menggunakan laptop sebagai pengganti PC Desktop (Desktop Replacement). Umumnya, laptop yang dibutuhkan memiliki kinerja dan nilai produksi hampir sama dengan PC. Aplikasi penunjang produktifitas seperti desain grafis, editing multimedia atau simulasi model matematika merupakan salah satu aplikasi ‘haus resource’ yang sering digunakan pada pengguna ini.
Semoga bermanfaat.

di kutip dari Tata50.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment