Kriwul Blog

blog, wordpress, template, blogger, tips trik, internet, bisnis online, blogger, blogspot,tutorial blog, teknologi, news, free download, free download template.

Intel Atom Terbaru 2009

Friday, September 25, 2009

Intel mulai mengkapalkan jajaran prosesor terbarunya dari keluarga Atom. Pengapalan yang dilakukan mulai kuartal keempat ini merupakan prosesor untuk netbook dan nettop.

Disampaikan Intel Platform Marketing Jeff DeMuth, platform Prosesor yang dinamai Pineview ini diharapkan mampu mengikuti kesuksesan kartu chip Atom yang populer di berbagai netbook. "Prosesor baru ini akan dikapalkan kepada vendor PC pada kuartal keempat tahun ini," tegas DeMuth saat menghadiri Intel Developer Forum, di San Francisco, Amerika Serikat.

Kendati demikian, seperti dikutip dari PC World, Jumat (25/9/2009), DeMuth enggan membeberkan lebih jauh mengenai kemampuan Pineview. Namun yang jelas, prosesor tersebut baru dirasakan konsumen paling cepat pada kuartal pertama di tahun 2010.

Dari penjelasan Intel awal tahun ini, perusahaan tersebut mengatakan akan memperbarui Atom Pineview dengan kinerja yang lebih cepat dan mengarah pada desain netbook lebih tipis dengan baterai yang lebih baik. Pineview adalah bagian dari platform Trail Pine, yang memiliki sejumlah perbaikan yang membuat chip lebih kecil, namun memakan konsumsi daya listrik rendah.

Selain itu, Pineview juga bakal disematkan untuk nettop, sebuah desktop yang ukurannya hampir sama dengan sampul buku.

Kartu ini mampu mengintegrasikan dengan chip grafis dan memori controller di dalam CPU, yang telah mengurangi ukurannya hingga 70 persen dibandingkan dengan generasi Atom sebelumnya. Para pejabat Intel mengatakan mereka ingin membuat kartu chip yang lebih kecil, sehingga para vendor PC dapat merancang netbook tipis yang hemat energi.

Pengintergrasian dengan memori controller akan membuat prosesor dan memori berkomunikasi lebih cepat. Selain itu, Pineview yang terhubung dengan prosesor grafis dapat menghasilkan proses multimedia berjalan lebih kencang, ini tentunya dapat membuat bandwidth dapat dibebaskan untuk 'berkomunikasi' dengan komponen lainnya.

Selama ini, netbook yang berbasis Intel Atom menempatkan arsitektur grafis dan kemampuan memori pada chipset yang terpisah. Sehingga, banyak pengguna netbook berbasis Atom yang membutuhkan grafis mumpuni, mengkiritik Intel karena terbatasnya kemampuan multimedia. Namun, DeMuth menolak berkomentar mengenai tingkat dukungan video yang ditawarkan Pineview.

"Integrasi juga membantu mengurangi biaya CPU yang dapat membuat perangkat menjadi lebih murah," pungkas DeMuth.

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone

0 comments:

Post a Comment